BUKU TAMU -------Klik Dibawah ini

cbox

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Mubeslub Ikalami

Sabtu, 16 April 2011

IKALAMI ( Ikatan Alumni AMI-STIMAR ) membangun SDM yang dibina diawali di Akademi Maritim Indonesia , sejak tahun 1965 , berangkat dari komitmen untuk mempotensikan SDM berkwalitas di sektor menejemen kepelabuhanan.
Pelabuhan adalah  area transhipment ” multy cargoes  ‘ yang akan dimuat ke seantaro wilayah nusantara hingga  ke manca negara.  Adalah merupakan tempat yang butuh SDM yang handal dalam menata ekonomi disektor Maritim.
Berangkat dari SDM yang berkomitmen memajukan industri jasa kemaritiman sebagaimana , sejarah awal para “stake holder” dari sejumlah SDM yang ahli menukangi Akademi Maritim Indonesi /AMI yang berada di Jakarta,era 60 an  berjalan sesuai grafiknya , mampu menciptakan SDM yang berbekal ahli ” Menejemen Kepelabuhanan dan Shipping “.
Dari peroses perjalanannya , SDM yang telah dibekali menejem oleh para pendidiknya ,  menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke manca negara .
Terlihat dengan berdirinya gedung Akademi Maritim Indonesia yang berada di wilayah Pacuan Kuda Pulo Mas, Jakarta - Timur. Sekian tahun membangun SDM dari infrastruktur yang sangat rendah , namun kegigihan dari sejumlah SDM penggerak menejmen akademisi setahap demi setahap maju dalam  meningkatkan kwalitasnya dalam membentuk SDM yang lebih terpakai.
Dari peningkatan itu , maka menejemen melengkapi berbagai jurusan  dengan mendidik SDM Pelaut, sebagai Navigator, Mecahic hingga menjadikan SDMnya sebagai penyandang gelar S1pada jurusan Tatalaksana Pelayarana Niaga.
Jadi SDM  tempaan dari sekolah ini  pada bidang kemaritiman  ,  berada di dua sektor. di Darat dan di Laut.  Dari alumni itu kini terdata sebagai anggota Ikalami, Ikatan Alumni AMI-STIMAR, yang pada beberapa tahun lalu memang kepengurusan di elit Ikalami dari angkatan 65 hingga keangkatan tahun 2000 an, ini sempat terjadi kepakuman karena berbagai faktor.
Setelah era reformasi. Berbagai tantantangan yang dihadapi sehingga terdengar kabar bahwa kekompakan era sebelum reformasi , jauh lebih solid dari pada  di era reformasi ini.
Karena organisasi ini pernah tertata dengan baik hingga memasuki kepengurusan  Ketua Umum MZ.Abidin , ahli dalam ilmu Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga , bersama jajaran elit dari angkatan ke angkatan , dengan melihat sikon , agar organisasi  IKALAMI kembali ,   bisa berkiprah , maka terbuka  nuansa untuk memberikan peluang kepada generasi pelanjutnya untuk membenahi IKALAMI , yang memang sempat berdiam,  sekian lama karena berbagai faktor.
Atas berbagai masukan dalam upaya menyatukan kembali potensi SDM MARITIM yang sudah banyak menduduki posisi strategis disektor pemerintahan pada jurusan Tatalaksana Kepelabuhanan , Navigasi, Mechanic, di perusahaan pelayaran nasional dan internasional, maka terbentuk MUBESLUB IKALAMI, 2010.
Dengan Tema Sentral Kebersamaan Menuju Visi dan Misi. Tokoh AMI, produk tahun 60 an, DRS. Sudjatmiko, salah satu SDM yang sempat menjadi petinggi  di PT.Djakarta LLOYD, hadir sebagai undangan ,  masih menggebu dalam memaparkan pengalaman dan pengamatannya kepada bangsa ini , sebagai negara Maritim, Ia  menegaskan ” kita harus mengurusi potensi yang ada disektor SDM dan SDA yang terbentang di laut “, harapnya. Disambut , oleh Rindjani , mantan ahli pada ilmu P & I club yang lama menjadi Direktur di Djakarta LLOYD, yang kini memasuki masa tua, tapi masih memenej berbagai usaha disektor maritim, mengatakan, ” perlunya Ikalami menggalang kebersamaan menuju profesional pada bidang ini” , ujarnya dihadapan Taruna-Taruni AMI-STIMAR.
Mubeslub. Melalui rekomendasi SDM nya dari tahun 60an hingga 2000 an, Sabtu 23/Oktober , IKALAMI pada demokrasi penjaringan kandidat terdengar nama-nama seperti, Agung , Horas Manurung , Abd.Kadir, Ali Fachmi, Sudargo, Murhan R, Sudjanto, Djoko,Komang Sardjana, Yasin, Zulkarnaen, Yose Rizal, Anita,  Budihartono, A.Ridwan, Jimmy F.Kuhon, Deni Irman, lainnya. Tapi dari sekian nama itu , panitia penjaringan hanya mensyahkan tiga pasangan yang terdaftar untuk maju , merebut kursi yang  sudah lowong.
Sempat terjadi kerisis penjaringan dari pagi hingga sore, masih dalam pencarian.Karena undangan baru terlihat menjelang pemilihan. Dengan situasi yang semakin ramai menjelang sore, dari angkatan ke angkatan terlihat menyusun tim untuk maju. Hingga menjelang pemilihan pimpinan sidang  yang terdiri Hariman Siregar, SIP serta M. said, SE.MM  M. Didi Suatmadijaya,SE  Heri Saputra dan Jimmy F Kuhon,SE mengetok palu mensyahkan ketiga kandidat, diantaranya adalah  H.Ahmad Ridwan, Jimmy F.Kuhon , H. Deni Irman,
Sementara hasil pemilihan yang diikuti sekitar 500 orang ,  memilih Ketum priode 2010 - 2014, adalah H.Deni Irman. Melalui pooting.  Deni Irman adalah  angkatan Thn. 1990,  kepada sejumlah wartawan  dengan Visi dan Misinya  seusai pemilihan , saat rehat ,singkat ia hanya menjelaskan bahwa kebersamaan menjadi kekuatan selama memenej IKALAMI,  selintas pendukung masing-masing kandidat ,yang menyerahkan dukungangannya ,  bersedia membangun kembali IKALAMI yang telah di serahkan oleh Ketua Umum. Demisioner. MZ.Abidin.
Selanjutnya H.Deni Irman,mengingatkan ,  akan membawa IKALMI ke jenjang yang lebih baik lagi, sehingga kebersamaan dalam memperjuangkan program kerja , akan menggalang tim pengurus yang lebih solid . Bravo Jales Veva Jaya Mahe.

0 comments

Poskan Komentar