BUKU TAMU -------Klik Dibawah ini

cbox

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kartu Kredit Yang Cocok Sesuai Kepribadian

Sabtu, 23 April 2011

Berbagai cara akan disodorkan oleh bank untuk membuat Anda tergiur mengajukan aplikasi kartu kredit. Dengan iming-iming bunga 0%, tanpa biaya tahunan, cash back, tiket perjalanan, merchandise, atau bunga rendah, mereka terus memborbardir Anda dengan beragam tawaran.
 Kepribadian Kartu Kredit Namun meskipun bonus-bonus tersebut terkesan menguntungkan, jangan lupa memperhatikan apakah semuanya memang sesuai kebutuhan Anda. Pahami bagaimana Anda menghabiskan uang akan menyempitkan pilihan dari berbagai jenis kartu kredit. Berikut adalah panduan untuk memilih jenis kartu sesuai kepribadian Anda.
Sang Diva
Sifat: Pekerja keras, namun juga senang bersenang-senang. Anda ingin segala yang terbaik. Setelah hari yang penuh kerja keras, Anda butuh memanjakan diri, entah itu dengan membeli sepatu baru atau gadget terbaru yang ada di toko. Kebanyakan barang-barang Anda adalah “korban” impulse buying (keinginan berbelanja secara mendadak). Tak jarang, ini membuat Anda kesulitan ketika barang-barang yag dibeli di luar rencana melebihi pendapatan Anda.
Saran: Clarky Davis, konselor di CareOne Credit Counseling menyarankan agar Anda mencari jenis kartu kredit dengan bunga rendah dan tanpa biaya tahunan. Dengan begini, Anda tak akan dibebani dengan biaya sisa yang menumpuk pada akhirnya setelah Anda membeli suatu barang tanpa rencana. Anda tak butuh insentif, atau hadiah-hadiah setelah pembelian dengan nilai tertentu. Hindari jenis kartu seperti ini yang justru memicu pembelian Anda.
Sang Futuris
Sifat: Anda bersedia mengorbankan kebahagiaan yang bersifat sementara untuk keuntungan jangka panjang. Anda pandai mengatur keuangan, tak sering merasakan kebutuhan untuk membeli barang-barang mahal, dan sering memikirkan masak-masak tentang bagaimana Anda menghabiskan dana.
Saran: Cari jenis kartu yang memberikan hadiah di masa mendatang. Atau jenis kartu yang akan memberikan poin dalam bentuk tabungan atau hadiah besar di masa mendatang. Jika tak ada yang menawarkan jenis ini, cari kartu yang memberikan cash-back agar Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan Anda. Jika Anda orang yang sangat teliti dalam penggunaan uang, tawaran bunga rendah tak akan banyak memberi keuntungan.
Si Newbie
Sifat: Anda baru saja bekerja, dan tertarik untuk membuat kartu kredit. Anda tak berpengalaman dalam hal kartu kredit, dan mungkin baru mencoba-coba. Anda masih beradaptasi dengan pekerjaan baru, atau baru mencoba mandiri, sehingga bisa jadi masalah keuangan bukanlah prioritas utama Anda.
Saran: Cari kartu kredit untuk pemula, saran Davis. Kartu kredit pra bayar bisa menciptakan sebuah batasan untuk Anda. Hal ini akan memberikan kesempatan Anda untuk belajar tidak berbelanja berlebihan, juga belajar mengatur saldo. Di saat yang sama, Anda bisa belajar mengenai fleksibilitas kartu kredit. Saran lain adalah untuk mengikuti kartu kredit bunga rendah dan batas rendah. Hindari kartu kredit dengan limit tinggi, bunga tinggi, ataupun biaya tahunan. Hingga Anda bisa mengatur kartu kredit sendiri, tetaplah dengan hal-hal mendasar.
The Better Man, Better Woman
Sifat: Meskipun Anda tak selalu bisa membuat keputusan tepat, Anda adalah tipe orang yang cepat belajar. Anda mungkin setidaknya pernah sekali mengalami masalah keuangan di masa lalu, entah itu jatuh sakit dan perlu biaya banyak, tepat setelah Anda baru saja kehilangan pekerjaan. Anda bekerja cukup keras unuk menciptakan keseimbangan dan membayar hutang-hutang Anda.
Saran: Cari kartu yang bisa membantu Anda membayar hutang-hutang ketimbang membuat Anda berhutang lebih banyak. Pastikan Anda bisa memperkirakan kira-kira kapan bisa membayar hutang-hutang kredit, khususnya jika penawaran bunga 0% hanya berlaku dalam periode tertentu. Untuk Anda yang sedang berfokus mengurangi hutang, akan lebih baik untuk menghindari godaan –dalam hal ini, hindari kartu yang menawarkan reward atau memiliki limit tinggi.
Si Veteran
Sifat: Anda cukup bertanggung jawab dan teratur, jarang berlebihan, baik secara finansial atau lainnya. Anda memiliki keuangan yang cukup baik, memiliki waktu pembayaran yang tak bercela.
Saran: Pilih kartu kredit yang menawarkan reward dengan sesuatu yang benar-benar Anda sukai –entah itu voucher makan di resto favorit, mendapat hadiah jalan-jalan, atau lainnya. Untuk orang-orang seperti ini, mereka hanya ingin memastikan bahwa mereka akan menikmati benefit dari reward yang ditawarkan. Namun perlu diperhatikan, jika Anda memiliki keuangan yang baik, Anda mungkin tak akan banyak diuntungkan jika memilih kartu kredit yang berbunga rendah. Meskipun hal ini bukannya dilarang, namun tak akan ada banyak gunanya untuk Anda dalam jangka waktu lama ke depan.
Si Penghindar
Sifat: Ia tipe yang semakin sedikit mengetahui tentang keuangan, semakin baik. Tipe ini sering merasa tak nyaman ketika memikirkan soal keuangan. Tipe ini juga membiarkan banyak tagihan menggunung di meja karena Anda merasakan takut ketika membukanya.
Saran: Carilah kartu yang bisa mendorong Anda untuk membayar tepat waktu dan bisa memaafkan kesalahan-kesalahan Anda. Beberapa program kartu kredit bisa memberikan bonus jika Anda bisa membayarkan hutang Anda tepat waktu, sementara yang lainnya berjanji tak akan menambahkan hutang Anda jika terlambat membayar. Hindari kartu kredit dengan limit tinggi, karena Anda bisa terkena masalah di depannya. Jika Anda tahu dan memperkirakan bahwa Anda hanya bisa menghabiskan Rp 2 juta tiap bulan, misalnya, jangan memasang limit lebih dari itu.

1 comment

Iskaruji mengatakan...

wah...dapet pencerahan tentang efisiensi penggunakan credit card disini...nice share and happy blogging!

24 April 2011 10.21

Poskan Komentar