BUKU TAMU -------Klik Dibawah ini

cbox

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Ikan Besar Semakin Berkurang Di Laut

Minggu, 17 April 2011



Sungguh disayangkan, para ilmuwan mengatakan, kini populasi ikan-ikan besar pemangsa semakin sedikit jumlahnya hari demi hari di lautan. Hal ini dikarenakan penangkapan secara berlebihan yang dilakukan oleh manusia.


Dengan semakin berkurangnya ikan besar pemangsa ini, membuat jumlah ikan kecil yang menjadi mangsa mereka semakin besar dalam kurun waktu 100 tahun terakhir. Demikian seperti yang dikutip dari The Straits Times, Sabtu (19/2/2011).

"Ikan besar seperti ikan cod, tuna, dan lain sebagainya, telah menurun jumlahnya di seluruh dunia, sementara jumlah ikan kecil menjadi semakin besar," ujar para ilmuwan dari University of British Columbia.




Sementara itu, orang-orang di seluruh dunia kini semakin sering menangkap ikan di laut, dan hasil yang mereka dapatkan pun kini tidak terlalu banyak. Hal ini menandakan, manusia saat ini memasuki batas kapasitas laut untuk menyediakan makanan kepada manusia.

"Penangkapan ikan yang berlebihan tentunya akan membawa dampak bagi laut kita", ujar Villy Christensen, seorang profesor di UBC Fisheries Centre, yang mempresentasikan hasil penelitiannya di konferensi tahunan American Association for the Advance of Science di Washington.

"Dengan menghilangkan jumlah besar dari ikan pemanggsa besar di laut, akan membuat jumlah ikan kecil menjadi banyak, dan membuat ekosistem jadi tidak seimbang," tambah Villy.

Christensen beserta timnya meneliti, lebih dari 200 peragaan ekosistem laut di seluruh dunia untuk studi ini. Para ilmuwan menemukan, bahwa lebih dari 54 persen dari penurunan jumlah ikan besar terjadi dalam kurun waktu 60 tahun terakhir.Sungguh tragis

0 comments

Poskan Komentar