BUKU TAMU -------Klik Dibawah ini

cbox

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Cara menghafal buku

Selasa, 26 April 2011

Belajar dengan cara menghafal adalah sistem belajar paling buruk dimuka bumi. Kemampuan dan daya ingat kita terbatas, lagi pula ilmu yang didapat melalui penghafalan tidak akan betah lama-lama tinggal di otak.

Cara terbaik adalah mencoba mempraktekan apa yang ditulis dibuku. Jika sulit atau malas mencari bahan-bahan penunjang, bayangkan saja peristiwanya, bahwa anda sedang melakukan praktek. Seperti pembuat skenario film, sebelum muncul di layar, penulisnya kan membayangkan ceritanya terlebih dahulu.

Adapun cara-cara yang dibutuhkan untuk menghafal buku yaitu

1. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan minta pemberkatannya agar belajarnya tidak sia-sia

2. Menggunakan metode yang disebut 'mind map' / peta pikiran. Coba kamu lihat di internet. kamu hafalkan jangan sampai details per kata kata.. cukup ambil intinya saja. awal awal.. baca dari awal sampai akhir dengan cepat aja (skimming).. sebenarnya otak kita menangkap banyak dari yang kita sadarkan kemudian kamu catat sendiri hafalan dari buku teks, dengan gaya kamu sendiri.. acak-acak, warna-warni, etc.. plus kata kuncinya saja..

3. Cobalah menghafal per bagian, dan lalu di tuliskan semua yang udah kita pelajari itu ke kertas,, dan hafalin lagi bagian lain...dan terus kita juga bisa dengan mendengarkan musik yang klasik, karena menurut penelitian, musik klasik dapat merespon otak kita lebih baik,, atau kita juga bisa membuat apa yang kita hafalin menjadi sebuah lirik lagu...

4. Cobalah merangkum semua hapalan kita, lalu rekamlah suara anda sendiri sewaktu mengucapkan hapalan tsb dengan sauara kuat dan jelas. Putarlah berulang ulang rekaman tsb sambil membayangkan kata katanya.

5. Gunakan mindmap atau spidergram., coba di viualisasikan,.makan makanan yg bergizi, bisa konsumsi ginko biloba (itu bagus u/ daya ingat) istirahat yang cukup.

6. Cek area belajar, perempuan lebih memilih tempat yang tenang sedang laki2 lebih suka jika tempat belajarnya ada sedikit suara pastikan tidak ada barang2 yang bisa menarik perhatian seperti TV, PC atau elektronik lainnya

7. pakai lampu berwarna putih (pengalaman saya) biar mata tidak cepat letih

8. makan makanan bergizi, malnutrisi bisa menyebabkan hilang konsentrasi dan susah belajar

9. tenangkan pikiran

10. tentukan subjek yang akan dipelajari, set a goal for yourself

11. jangan belajar sampai larut malam, ada efek buruk terhadap kesehatan loh (larut malam : 0100~0300)

penelitian menunjukkan bahwa pelajaran yang kita pelajari akan lebih masuk ke otak jika kita belajar tepat sebelum tidur

12.ambil breaks setiap 1 atau 2 jam

0 comments

Posting Komentar